CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 29 Oktober 2013

Bina Sejak Dini Karakter Siswa/ Pelajar Melalui Pendidikan Ibadah Kurban |

Sering kita rasakan GemaTakbir baik itu idul Fitri maupun Idul Adha , tentunya kita sebagai Umat Muslim tidak lepas mengumandangkan takbir, sebagaimana hal itu Kemarin Kita telah Melaksanakan Kegiatan Ibadah Qurban Yang diselenggarakan "OSIS SMAN2 KUNINGAN" , kita harus paham dlu apa itu Arti Kurban ?Apa itu Hukumnya ?

ARTI QURBAN
Pengertian Qurban Menurut Bahasa adalah pendekatan diri kepada Allah SWT
sedangkan menurut SyaraQurban adalah nama sembelihan hewan ternak pada hari Idul Adlha dan Hari Tasyrik.



HUKUM QURBAN
Hukum Qurban terbagi 2, yaitu:
1. Sunah Muakad (Sunah Kipayah) yakni sunah yang dikukuhkan dan hanya cukup satu kali. Dasar berqurban hanya karena mampu.
2. Wajib yakni keharusan berqurban karena atas dasar adanya Nadzar, baik nadzar hakikat atau nadzar hukum. Seperti mengucapkan:
“Saya akan berqurban apabila saya sehat:, atau “Saya nadzarkan kambing ini hanya untuk qurban.”

Lanjut Kita Beranjak Bahasan Inti yaitu  sesuai dengan judul yang diatas yaitu Bina Sejak Dini Karakter Siswa/ Pelajar Melalui Pendidikan Ibadah Kurban |

kegiatan qurban yang dilaksanakan setiap tahun merupakan pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang baik. Setidaknya ada tiga pilar dari karakter melalui kegiatan qurban yang dapat diterapkan kepada siswa yaitu respek (respect), tanggung jawab (responsibility) dan kepedulian (caring)



 Ibadah Qurban terkandung beberapa makna spiritual yang amat dalam, seperti:
  1. Pertama, ibadah Qurban meruapakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dengan mempersembahkan harta yang terbaik. Melalui ibadah kurban seseorang berusaha mencari pendekatan dengan menyambung hubungan vertikal yang bersifat transendental kepada sang pencipta.
  2. Kedua, sebagai ungkapan cinta kasih dan rasa simpatik kepada kaum lemah dan papa. Anjuran untuk membagi-bagikan daging kurban kepada fakir miskin  sebagai manifestasi bentuk kepedulian sosial. Dengan berkurban seseorang telah membangun hubungan horisontal yang baik kepada sesama manusia. Ketiga, simbol dari kesediaan untuk melawan dan mengenyahkan sesuatu yang dapat menjauhkan diri dari jalan Allah.
  3. Ibadah ritual yang simbolis ini disamping menyiratkan makna spritual untuk senantiasa menjaga  hubungan vertikal antara hamba dengan Tuhannya, juga mengisyaratkan perlunya membangun hubungan horisontal antar sesama manusia. Dengan demikian anjuran untuk membagika daging kurban kepada orang lain dapat dimafhumkan sebagai anjuran untuk membangun relasi sosial dengan saling berbagi agar tercipta harmonisasi kehidupan. Selaras dengan pemahaman ini, Allah telah menegaskan bahwa bukanlah daging dan darah hewan kurban itu yang sampai kepada Allah, akan tetapi cahaya ketaatan dan ketaqwaan yang terpancarkan melalui ibadah kurban itulah yang membuat seseorang sampai kepada tuhannya. (QS. Alhajj:37).
Maka dari itu Kita Harus bisa Memaknai dan Memahami betul Tentang Ibadah Qurban Itu jangan sampai kita cuman melihat aksi penyembelihannyan saja . . . 

Kita Harus Menanamkan Nilai-Nilai yang terkandung didalamnya , Kalo Kita Ingin Qurban Sejak dini bisa sajaaaaaa Asalkan Ada Kemauan KERAS !! :) , Misalkan 1 Hari 5ribu Paling kecil dikali 12Bulan Selama setahun Mungkin Bisa cukup Untuk Membeli 1 EKOR KAMBING :) , Mari Kitaaa Berusahaa Untuk Membeli 1 EKOR KAMBING !!! Janganlah Kita Boros Akan uang ;) Mending kita tabung untuk membeli seekor kambing :) :)

Sekian Dan TERIMA KASIH :)

*Hagi Wibawa XI IPA 5

15 komentar :