CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 09 November 2013

Smartphone dan jejaring sosial di antara pelajar


Smartphone dan jejaring sosial di antara pelajar


Seperti yang dibahas artikel yang sebelumnya, yaitu "Teknologi Dalam Berbagai Fungsi : Handphone Pintar Penghipnotis sebagai Teman Baru Bagi Setiap Orang " saya hanya ingin menambahkan sedikit wawasan untuk pembaca blog ini.
Anda tentu kenal dan tak asing lagi dengan yang namanya Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Atau mungkin sudah keseharian anda untuk mengaksesnya.
Yang mendasari saya untuk membuat artikel ini adalah keprihatin saya ketika saya melihat beberapa teman saya yang menggunakan smartphone high end yang tentunya harganya kurang bersahabat dengan kantong.
Saya sempat miris juga mendengar cerita salah satu teman saya, sebut saja si A. Si A ini punya saudara, dia baru saja membeli blackberry dengan harga yang sangat mahal (mungkin blackberry z10). Yang membuat saya cukup kaget katanya dia beli BB itu hanya untuk menerima BBM saja. What ??? Saya pun jadi bengong, sekarang kan android udah bisa BBM, kenapa mesti beli BB yang mahal kalau hanya digunakan untuk BBM saja ?, salah satu produsen hp lokal (misalkan Mito) sudah merilis ponsel android dengan harga yang cukup terjangkau (sekitar 500rb-an). Si A pun heran dengan saudaranya itu, mengapa hanya untuk BBM harus beli ponsel blackberry yang cukup mahal harganya ?.
Ada lagi teman saya, sebut saja si B. Saya sengaja mengintip si B saat dia asik dengan smartphone nya. Mungkin dia gak sadar jika saya sedang memperhatikan dia. Dia memiliki smartphone yang cukup fantastis, yaitu SAMSUNG Galaxy S3. Ternyata dia sedang bermain game, dan parahnya dia bermain game yang cukup hampang, walau gak terlalu hampang, tapi game tersebut bisa dimainkan dengan lancar menggunakan smartphone mid end. Main game nya pun gak terlalu lama, dia lebih sering menggunakannya untuk jejaring sosial.
Kejadian yang lebih miris lagi, adik kelas saya, sebut saja si C, kebetulan dia seorang perempuan. Dan kebanyakan perempuan sangat hobi buka-buka jejaring sosial. Ketika saya sedang ada kegiatan ekstra kulikuler, tanpa ada kesengajaan saya melihat dia sedang asik buka facebook. Dan yang lebih menyedihkan lagi, menu nya hanya berisi aplikasi-aplikasi jejaring sosial semua. Parahnya dia menggunakan smartphone high end hanya untuk eksis di jejaring sosial. Apa gak sayang tuh ama ortu, beli smartphone mahal cuma buat buka facebook ??.
Dari beberapa kejadian di atas dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang belum bisa mengoptimalkan penggunaan smartphone miliknya. Mereka menggunakan smartphone untuk sekedar hiburan saja.
Kebetulan saya belum memiliki smartphone. Saya juga sering mencari tahu kelebihan-kelebihan smartphone dibanding dengan ponsel biasa, agar saya bisa mengoptimalkan penggunaannya.
Dan memang sangat banyak, bahkan kemampuannya sampai ada yang mirip dengan komputer.
Contohna seperti multitasking, USB on-the-go/USB Host (bisa digunakan untuk membaca flashddisk), USB MHL (Untuk menyambungkan dengan layar eksternal, seperti proyektor atau monitor yang  mendukung USB MHL), WiFi Thetering (Luumayan, gak perlu kabel data untuk jadikan ponsel sebagai modem), Document viewer/editor (sangat berguna bagi pekerja kantoran dan juga pelajar), dan masih banyak lagi.
Mohon maaf bagi yang merasa punya smartphone high end, atau mungkin yang merasa menggunakannya seperti yang saya ceritakan di atas. Saya  tak ada maksud menyindir kalian, tapi saya hanya memberikan masukan agar kalian dapat menggunakannya lebih optimal lagi.
Itu pun kembali ke individu masing-masing, apakah dia bisa memanfaatkan smartphone nya dengan optimal, atau hanya untuk gaya saja.
Pilihan ada di tangan anda.

*Mujahid Khairuddin (XI IPA5)

2 komentar :

  1. weh ada benernya juga sih -_- sayang beli smartphone yang harganya bisa dibilang cukup 'w-a-w' tapi cuma di pake buat yang yaaaah..... begitulah -_-a bagus gan -_-b

    BalasHapus